Mengenal Investasi Pasar Uang dan Investasi Obligasi

Oleh: Angga Juhana
Foto: Modalku.co.id

Apa itu investasi? Investasi adalah sebuah aktivitas menyimpan atau menempatkan dana pada periode tertentu dengan harapan penyimpanan tersebut akan menimbulkan keuntungan atau peningkatan nilai. Secara sederhana investasi bermaksud kita menyimpan uang dengan harapan uang yang kita simpan bisa bertambah. Baik, tidak usah berlama-lama, kami akan langsung menyebutkan jenis-jenis investasiapa saja yang bisa kita mulai hanya dengan melalui gawai yang kita miliki.

Investasi Pasar Uang

Investasi pasar uang adalah investasi yang paling mudah, cocok untuk para investor pemula. Apa itu investasi pasar uang? Investasi pasar uang merupakan pertemuan dalam suatu pasar yang abstrak untuk memperoleh demand dan supply dana jangka pendek. Dalam pasar uang, valuta asing diperlukan untuk membayar kegiatan ekspor impor dan utang luar negeri.

Resiko dalam berinvestasi pasar uang bisa kita nyatakan hampir 0% karena uang yang kita investasikan tidak akan berkurang jumlahnya, namun tentu saja return/keuntungan yang di dapat juga hanya sedikit, hanya sekitar 3-6% saja dalam satu tahun. Tetapi walaupun keuntungan yangdi dapat kecil, ini lebih baik daripada uang kita hanya disimpan di bank. Investasi pasar uang banyak tersedia di aplikasi playstore seperti: Bibit, Ajaib, Tanamduit, Bareksa, bahkan di Tokopedia dan Bukalapak juga tersedia.

Investasi Obligasi, Campuran dan SBN

Apa itu investasi obligasi? Investasi obligasi merupakan pinjaman yang diberikan oleh investor kepada suatu perusahaan atau pemerintah sebagai penerbit surat utang. Dengan nominal dan waktu jatuh tempo tertentu. Meski memiliki tanggal jatuh tempo, obligasi tetap bisa diperjualbelikan melalui pasar obligasi. Resiko dalam investasi ini kecil, uang yang anda investasikan bisa berkurang jumlahnya, tetapi return yang di dapat lebih besar daripada investasi pasar uang. Return yang diperoleh dari investasi ini berkisar -16% sampai +16% /tahun. Investasi obligasi dapat dilakukan melalui aplikasi seperti, Bibit, Bareksa, Tanamduit dll.

Apa itu investasi campuran? Investasi reksa dana campuran adalah reksa dana yang memiliki kebijakan untuk berinvestasi antara 1–79% pada saham, obligasi, dan pasar uang. Sementara ketika situasi berbalik, obligasi yang lebih bagus, Manajer Investasi bisa mengurangi saham dan memperbanyak porsi obligasi. Resiko dalam investasi ini termasuk dalam resiko sedang, return yang didapatkan tidak jauh berbeda dengan investasi obligasi. Investasi campuran dapat dilakukan melalui aplikasi seperti, Bibit, Ajaib, Bukareksa dll.

Apa itu investasi SBN? SBN atau Surat Berharga Negara adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada Individu Warga Negara Indonesia. SBN menjadi alternatif produk investasi yang aman, mudah, terjangkau dan menguntungkan. Jika anda memilih investasi ini, anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi Tanamduit.

Investasi adalah alternatif untuk meningkatkan penghasilan, apalagi di waktu genting seperti sekarang, manfaatkan situasi pandemi ini untuk berinvestasi. Bagi kalian yang muslim dan takut dengan investasi karena riba, maka pilihlah yang syariah.

Diterbitkan oleh HIMPUNAN MAHASISWA SASTRA RUSIA UNPAD

Website Resmi Himpunan Mahasiswa Sastra Rusia Universitas Padjadjaran. Line : @tfw6701a Twitter : @himarusunpad Instagram : @himarusunpad Youtube : HIMARUS UNPAD

Tinggalkan komentar