Apakah Fitur Close Friend Instagram Merupakan Bentuk Kepercayaan Terhadap Seseorang?

Oleh: Yoga Adityo Nugroho
Foto: bungdus.com

Instagram bukan hanya sekadar aplikasi sharing foto ataupun video semata. Banyak fitur unik yang bisa digunakan oleh para pengguna Instagram. Mulai dari filters instastory, boomerang, reels, dan yang kembali mencuri perhatian adalah fitur close friend. Fitur close friend merupakan pengaturan dalam Instagram yang hanya bisa dilihat oleh akun-akun yang dimasukkan ke dalam close friend pemilik akun. Biasanya fitur ini digunakan oleh seseorang ketika ia ingin membagikan sesuatu yang bersifat privasi ke orang-orang tertentu saja.

Namun ketika kalian sudah dimasukkan ke dalam close friend seseorang, apakah itu merupakan tanda kalian adalah orang yang dipercayainya? Banyak orang yang mengira fitur close friend ini hanya untuk orang terdekat saja, namun nyatanya di luar sana banyak orang yang memasukkan orang lain yang hanya sekedar kenal ke close friendnya. Jika dimasukkan kita belum tentu merupakan teman dekatnya, bisa saja orang tersebut hanya ingin membagikannya ke beberapa orang termasuk kita ataupun ke orang yang ia percayai. 

Tetapi ada baiknya ketika kita sudah di add sebagai close friend, kita tidak membagikan hal itu ke umum. Hal itu sebagai bentuk menjaga privasi seseorang yang hanya ingin membagikan hal-hal tertentu ke close friend nya terlepas dari apa yang ia bagikan.

Dewasa ini banyak yang menggunakan fitur close friend dengan berbagai macam alasan, seperti membagikan hal hal pribadi ke orang orang tertentu, membicarakan orang lain ke close friend, dll. Sebelumnya hal-hal tersebut biasanya dilakukan di second account IG, namun dengan ada fitur baru close friend ini yang tanpa harus membuat akun baru memudahkan orang-orang melakukan hal tersebut.

Belakangan banyak kejadian yang viral di instagram, banyak orang yang membagikan video pribadi nya ke close friend bertujuan untuk bersenang senang, namun orang yang dijadikan close friend malah membagikannya lagi ke publik. Sehingga orang yang seharusnya tidak melihat malah menjadi melihat video pribadinya. Dari sini bisa dilihat kebiasaan orang indonesia yang ketika sudah dipercaya, namun merusak kepercayaan orang yang mempercayainya.
Jadi, kegunaan fitur close friend ini sebenarnya masih bisa diartikan sesuai pemikiran masing-masing. Yang terpenting adalah gunakan fitur ini dengan sebijak mungkin dan jangan merugikan orang lain . jangan sampai kita rusak kepercayaan orang yang sudah mempercayai kita.sungguh kepercayaan itu harganya sangat mahal.

Diterbitkan oleh HIMPUNAN MAHASISWA SASTRA RUSIA UNPAD

Website Resmi Himpunan Mahasiswa Sastra Rusia Universitas Padjadjaran. Line : @tfw6701a Twitter : @himarusunpad Instagram : @himarusunpad Youtube : HIMARUS UNPAD

Tinggalkan komentar